28 June 2016

5 Cara merawat baterai Laptop supaya awet bertahun-tahun

Pada dasar nya baterai laptop mempunyai batas waktu selama kurang lebih 2 tahun . mengingat dari kekuatan cell batrai untuk menjaga muatan listrik, tapi kita dapat menanbah masa umur batrai tersebut dengan memperhatikan beberapa hal yang dapat membantu memperpanjang umur batrai laptop tersebut, berikut adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan saat laptop anda menggukan batrai:
 


#1. Eject usb dari laptop

Saat usb terhubung ke laptop akan menambah beban dari baterai ,baik itu modem usb flashdisk dll. karena akan membutuh kan tambahan daya untuk menjalankan perangkat usb tersebut dan kerja hardware laptoppun akan bertambah seperti cpu dan kipas pendingin. Maka cabutlah peranggkat usb yang tidak di gunakan.

#2. Shutdown atau sleep mode

saat anda tidak menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama sebaiknya matikan laptop atau setting masuk dalam sleep mode secara otomatis jika tidak di gunakan,sleep mode akan menonaktifkan state sebagian dari hardware dari laptop ,seperti kipas pendingin dan hardisk sehingga tidak memelukan arus dari baterai. Sleep mode tidak akan menutup pekerjaan di layar sehingga mudah dan praktis saat anda kembali bekerja di depan laptop

#3. Gunakan power saver pada windows

Power saver akan membatasi max kinerja cpu dan vga pada laptop. Sehingga tidak menguras baterai level terlalu cepat .anda dapat mensetting nya pada icon baterai pada sudut kanan layar bagian bawah  setting saat tidak di cas menggunakan mode power saver

#4. Waktu Pengecasan

Perhatikan saat mengecas laptop anda jangan biarkan laptop anda cas terlalu lama, karena dapat mengakibatkan panas pada baterai ,sehingga akan menimbulkan gelembung dan batrai akan cepat bocor atau tidak dapat menyimpan daya lagi. Dan cas lah setelah muncul peringatan low baterai.

#5. Membuka baterai saat tersedia colokan listrik

Simpan lah baterai laptop anda saat berada di rumah dan gunakan laptop tanpa memakai baterai di dalam nya ,Ini sangat  efektif dan terbukti dapat menjaga ketahan baterai laptop anda ,apabila mengunakan cara ini sebaiknya pastikan kalau di tempat anda jarang terjadi mati lampu karna laptop yang mati tiba2 dapat merusak circuit eletronik pada laptop yang terhubung ke baterai agar tidak terjadi kurusakan yang lain. Seperti baterai silang atau muncul tulisan consider replacing baterai. menurut pengalan saya masalah ini akan muncul kira-kira 15 kali jika laptop anda mati secara tiba-tiba jika tidak mengunakan baterai .