28 June 2016

Cara mengatasi bayangan putih kamera saat mengunakan flash

Disaat sekarang smartphone bukan lagi sekedar alat komunikasi tetapi juga sebagai alat untuk mengabadikan moment kesayangan kita, dengan spesifikasi kamera 5mp saja dapat menghasilkan kualitas foto yang lumayan bagus, tetapi hasil foto akan jauh berbeda saat mengaktifkan Flash pada pengunaan foto di malam hari. Banyak di alami adalah hasil foto menjadi putih dan seperti ada bekas asap, sehingga kualitas hasil foto akan menurun drastis, di bandingkan saat pengambilan foto di siang hari atau saat lampu Flash di matikan.


Lalu bagaimana itu bisa terjadi ?? dan bagaimana solusi untuk mengatasinya ?

Hal ini dapat terjadi karena ada cahaya dari flash kamera tersebut yang bocor dan masuk ke jangkauan kamera anda,  Besar kemungkinan cahaya yang bocor melalui chasing atau penempatan Kamera dan Lampu Flash yang kurang baik oleh produsen smartphone, sehingga menghasilkan foto yang cenderung akan menjadi putih atau memudar, seperti pada iphone 4 dan xperia j.

Berdasarkan pengalaman saya, saat mengunakan smartphone sony xperia j yang telah di root, berbagai macam cara sudah saya cobakan. Mulai dari mencoba aplikasi kamera yang telah di modif sampai bergonta ganti rom OS Android. tetapi hasilnya tetap sama, kemudian saya mulai penasaran dan melihat dari sudut yang berbeda. benar saja, ternyata masalah kamera yang putih saat menggunakan Flash itu muncul dari Hardware smartphone tersebut.

Dan setelah saya modif hasilnya pun jauh berbeda, Dibandingkan dengan menggunakan smartphone yang standart. Hasilnya tidak ada bayangan putih lagi saat mengambil foto pada malam hari dengan lampu Flash yang menyala. Begini yang saya lakukan (gambar menyusul)

Solusi mengatasi kamera saat menggunakan Flash:

Buka penutup pada bagian belakang mengunakan obeng untuk hp. 

Setelah part kamera terlihat dan di sebelahnya adalah Lampu Flash. Amati dan cari pada Chasing atau body di dekat kamera yang transparan, biasanya di sanalah asal cahaya dari flash yang masuk ke kamera walaupun hanya sedikit dan kecil tapi di situlah sumber masalah kamera anda.

Anda bisa menutup pada bagian yang transparan tersebut, dengan menggunakan penutup yang gelap agar cahaya tidak bisa tembus. Contohnya: Cat hitam (satu tetes aja) spidol permanen dan juga bisa menggunakan isolasi yang berwarna hitam