28 June 2016

Cara merawat charger laptop supaya awet

Saat baterai laptop dalam keadaan low apa yang anda cari?? Yaa charger ,charger atau adaptor memang sangat penting jika tidak ada charger pasti akan mengganggu pekerjaan anda , lalu bagaimana jika charger kamu rusak dan tidak dapat di gunakan untuk mengisi ulang baterai laptop anda. Beli charger baru tidak akan sebaik charger original bawaan laptop .dengan memperhitungkan arus dan daya yang tidak sama malah akan merusak baterai laptop anda . untuk itu rawat lah charger laptop dengan baik dengan memperhatikan tips yang ada di bawah ini:


1.Colokan ujung kabel power  kelistrik dahulu sebelum konektor dc ke laptop
Dalam kotak yang berbentuk balok pada charger terdapat elektronik yang berfungsi untuk merubah arus AC pada PLN menjadi DC yang di butuhkan oleh laptop juga berfungsi untuk menstabilkan arus listrik. Maka dari itu saat hendak mengecas laptop sebaiknya colokan kabel power dahulu agar arus yang stabil saja yang masuk ke laptop.
2.Jangan biarkan konektor cas terhubung ke body laptop
Saat charger tersambung ke listrik .dalam konektor sudah stanby arus bermuatan negative yang terbuka dan rawan terhubung dengan benda lain yang dapat mengakibatkan arus pendek.
3.Gulung kabel laptop
Saat berpergian dengan membawa charger gulung lah kabel charger untuk menghindari kabel patah dan terlipat saat berada dalam tas.
4.Gunakan peer atau spring
Kabel sanggat mudah terlipat karna tempat menyimpan yang tidak dapat selalu kita control sebaiknya gunakan peer pada di sudut konektor yang rawan membuat kabel terlipat. Dapat anda beli dan cari peer bekas di sekitar kita seperti pada peer yang terdapat di gantungan gorden, cara nya sangat mudah dan praktis tidak membutuhkan biaya tetapi dapat maksimal menjaga kabel charger kita.