07 April 2018

Alternatif Memperbaiki Android yang Rusak

Memperbaiki Software hp Android dapat dilakukan dengan 2 cara yakni reset atau mengembalikan ke setelan pabrik dan meng-upgrade ke yang lebih tinggi atau downgrade software Android ke versi sebelumnya. Perlu di perhatikan bahwa tidak setiap pembaharuan software akan membuat ponsel Android kamu menjadi lebih baik, karena biasanya pada software terbaru masih terdapat bug dan belum stabil.



Beberapa kasus yang melakukan update software malah menjadikan ponsel tidak bisa digunakan atau beberapa fitur menjadi error dialami oleh Meizu, Xiaomi, dan juga LG. Dimana beberapa fitur tambahan yang disematkan dalam software terbaru malah tidak kompatibel dengan yang lama sehingga mengakibatkan sistem crash.

Factory Data Reset

Software Android terbaru saat ini adalah Marsmallow 6.0, sebelumnya adalah Lollipop 5.1.1, dan Kitkat 4.3. Diperlukan perbaikan software ketika ponsel kita mengalami masalah atau ponsel tidak berjalan sebagaimana mestinya. Cara termudah melakukannya yakni
Mengembalikan HP ke Setelan Pabrik (factory reset)
Untuk melakukannya, dari Menu Utama >> Setting/Setelan >> Backup & Reset >> Factory Data Reset

Dengan melakukan factory data reset atau mengembalikan ke setelan pabrik maka data-data hp yang ada pada penyimpanan internal ponsel akan terhapus seluruhnya dan sistem bawaan pabrik akan ter instal ulang, sehingga akan menjadi hp baru kembali.

Upgrade Software Terbaru Ponsel

Tidak semua ponsel dapat melakukan upgrade, tergantung jenis dan tipenya. Untuk memastikan software upgrade terbaru tersedia untuk ponsel kamu maka lakukan pengecekan dengan cara
Menu Utama >> Setting/Setelan >> About Phone / Tentang Telpon >> Update/Pembaruan Sistem
Tekan update, jika tidak tersedia maka akan muncul tulisan “Your system currently up to date”, artinya ponsel Anda saat ini sudah menggunakan software terbaru.
Jika Anda ingin melakukan update manual, silahkan konsultasikan ke drponsel melalui form yang tersedia, dengan memberitahukan tipe dan sistem operasi Android yang digunakan ponsel.

Instal Ulang

Berbeda jika ponsel tidak dapat disentuh atau dalam keadaan mati total, maka untuk memperbaikinya harus lah di instal ulang software android smartphone anda, untuk melakukan Instal ulang berbeda cara tergantung dengan merk Smartphone yang anda gunakan. misal merk samsung dapat menggunakan software Odin yang cenderung lebih mudah. berbeda dengan samsung,pada merk Smartphone asus untuk menginstal ulang tidak menggunakan software. Melainkan menggunakan tool Update via ADB yang lebih rumit, Karena harus menginstal driver, masuk droid mode,dll.

Alternatif lain dengan melakukan Hard reset caranya adalah sebagai berikut:

1. Ponsel dalam keadaan mati
2. Tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan hingga ponsel bergetar
3. Jika sudah muncul logo hp, lepas tombol yang ditekan tadi
4. Ponsel akan masuk recovery mode
5. Gunakan tombol bawah untuk memilih Factory Data Reset
6. Tekan tombol POWER untuk konfirmasi.
7. Ponsel akan restart beberapa kali hingga sistem bawaaan ponsel akan terinstal ulang kembali