18 August 2019

Cara Mempercepat semua Android yang Lemot atau Lelet

Jaman sekarang tidak bisa di pungkuri lagi bahwa smartphone merupakan kebutuhan bagi kita. Sebab, selain sebagai alat berkomunikasi, ponsel android juga memiliki peranan lain seperti berbisnis, alat dokumentasi, entertainment untuk menonton video, bermain game, dan lainnya.

Dengan banyaknya fungsi dari smartphone tersebut, Maka tidak menutup kemungkinan kinerja Smartphone android semakin lama semakin terasa lemot atau lelet. Kinerja yang kurang cepat tersebut tidak bersifat secara permanen, melainkan hanya bersifat sementara. karena terdapat suatu penyenyebab yang menjadikan ponsel anda tiba-tiba mengalami sangat lemot.

Jangan khawatir, Disini kita akan menerapkan beberapa cara untuk mempercepat android yang terasa lemot Atau lelet , Berikut adalah cara mempercepat android yang terasa lemot Atau lelet.

Cara Mempercepat Android Lelet Tanpa Root

1. Screen Animation

Screnn animation adalah tampilan pada layar saat anda berpindah dari tampilan layar satu ke tampilan yang lainnya, untuk memperhalus perpindahan layar tersebut di gunakan Screnn animation. Namun hal ini akan membuat jeda pada tampilan saat melakukan multitasking, untuk menghapus atau mengurangi efek animasi layar, dapat merubah animation scale pada: Setting >> developer option >> Scroll down

Ke Window animation scale >> Transition animation scale >> and Animator duration scale

Sampai di sini, Anda dapat menghapus animatin scale dengan memilih Animation off atau merubah animation scale, yang secara default 1x. Jika ingin merubah tanpa menghilangkan animasi layar maka saya merekomendasikan untuk mengatur animation pada .5x

Developer Option tidak muncul? Baca : Cara menampilkan menu developer option di android Samsung Asus Xiaomi

2. Mengghapus Memori Chace

Chace merupakan penyimpanan sementara pada android. Analoginya sederhananya adalah pada aplikasi Galeri atau File gambar pada Cloud. Saat anda membuka galeri maka akan lebih dulu ditampilkan gambar-gambar kecil sebelum anda melihat file foto anda yang sebenarnya. Gambar-gambar kecil tersebut akan tersimpan khusus pada memori chace. Anda dapat dapat menghapus chace galeri tersebut dengan mengikuti langkah berikut Setting >> Apps?????

3. Live Wallpaper

Menggunakan live wallpaper memang menjadikan smartphone android anda terlihat lebih keren dan menarik, akan tetapi untuk menjalakan live walpaper tersebut akan membutuhkan memori ram yang tentu saja akan membuat beban Ram pada android akan semakin bertambah, sehingga membuat smartphone anda menjadi lemot . jika anda menggunakan live wallpaper segera ganti dengan wallpaper statis atau foto

4. Hapus aplikasi atau Nonaktifkan aplikasi yang tidak perlu

Banyaknya aplikasi baru di Google Playstore selalu menarik untuk dicoba. Tanpa disadari, banyak aplikasi yang terbengkalai sehingga menyebabkan smartphone android anda terbebani. Untuk menjaga kestabilan kinerja smartphone android anda, segera hapus aplikasi yang tidak terpakai.

Kadang beberapa aplikasi tidak dapat dihapus karena merupakan bawaan sistem. Jika ingin menghapus aplikasi sistem secara permanen anda harus melakukan Root pada smartphone terlebih dahulu. Namun jika tidak, anda dapat menonaktifkan aplikasi tersebut.Tetapi anda akan menemukan batasan pada beberapa aplikasi sistem yang tidak dapat di non aktifkan atau di hapus.

5. Factory Data Reset

Cara terbaik untuk memulihkan ponsel anda seperti baru lagi adalah dengan melakukan factory reset, hal ini bertujuan untuk membersihkan segala data didalamnya.

Sebelum melakukan Factory Data Reset, alangkah baiknya untuk membackup data-data penting anda terlebih dahulu. Dengan alasan, ponsel akan terlihat seperti baru kembali.

6. Update Versi Android

Pastikan smartphone android anda telah diperbarui ke versi android yang terbaru. Biasanya update versi terbaru adalah perbaikan dari versi sebelumnya, Selain untuk memaksimalkan kinerja pada smartphone, anda juga dapat merasakan fitur-fitur terbaru pada smartphone android anda. Untuk melakukan update anda dapat masuk ke menu

Setting >> About Device >> Software Update >> dan tap pada tombol Check for Update.

Jika terdapat pembaruan sistem, segera lakukan update pada smartphone android anda.

Semoga dengan cara mempercepat android diatas, handphone android anda menjadi lebih cepat sehingga aktivitas harian tidak terganggu.



Baca juga :
Cara Mempercepat Android dengan Root
Cara menghemat baterai Android